Hari Kesaktian Pancasila

kesaktian pancasila, hari pancasila"Cita-cita Perjuangan kami
untuk menegakan kemurnian pancasila
tidak mungkin dipatahkan
hanya dengan mengubur kami
dalam sumur ini"


begitulah selogan ungkapan kata dari para korban penindasan pengkhianatan G-30-S/PKI yang tertempel di sumur tua Lubang Buaya. 



Hari Kesaktian Pancasila merupakan sebuah peringatan bersejarah yang sangat penting bagi negara kesatuan bangsa Republik Indonesia ini, kenapa dikatakan sebagai Hari kesaktian Pancasila, karena kemurnian serta keutuhan kedudukan pancasila pada saat dulu kala di pertaruhkan dengan gugurnya pahlawan Revolusi Kita yang diantarnya daftar pahlawan Revolusi adalah sebagai berikut :

  •  Letjen. Anumerta Ahmad Yani
  • Mayjen Anumerta S.Parman
  • Mayjen Anumerta Suprapto
  • Mayjen Anumerta M.T.Haryono
  • Brigjen Anumerta pandjaitan
  • Brigjen Anumerta Sutoyo Siswomiharjo
serta 1 perwira pertama yaitu
  • Lettu Anumerta Pieere Tendean


memang harusnya 1 perwira tinggi angkatan darat yang menjadi sasaran pasukan tjakrabirawa pada saat itu yaitu Jederal Abdul Haris Nasution lolos dari sergapan. cerita singkatnya bisa di dibayangkan sebagai berikut karena disangka orang-orang rumah mendengar sebuah keributan di luar akhirnya refleks langsung keluar. dan kebetulan pada saat itu Ajudan jederal A.H.nasution ada dan mengakui bahwa dirinya adalah nasution karena pada saat itu suasana rumah gelap. dan 1 lagi anak dari bapak jederal A.H.nasution gugur pula di tempat karena tertembak oleh senjata dari tjakrabirawa yaitu Adek Irma Suryani Nasution. saya pun berturut atas sumber-sumber dari berbagai sumber seperti dari Film "Penumpasan pengkhianatan G-30-S/PKI" karya Sutradara Arifin.C.Noer serta dari berbagai macam sumber seperti buku-buku. 

mereka Gugur karena akibat dari kekejaman pengkhianatan dalam sebuah peristiwa yang dinamakan dengan G-30-S/PKI yang di ketuai oleh D.N.Aidit pada saat itu sekitar tahun 1965-an. yang pada intinya dalam peristiwa itu ketujuh perwira pejabat teras angkatan tersebut di fitnah karena disangka akan  mengadakan sebuah  KUDETA atas adanya Dewan jederal atau dalam istilah lainnya bisa disebut perebutan kekuasaan dari tangan presiden soekarno. dan pada saat itu juga bapak presiden kita yang kedua yaitu Soeharto masih menjabat sebagai perwira tinggi di Markas besar Komando Strategi Angkatan Darat (KOSTRAD) pada tahun 1965 saat itu. 

dan penumpasan G-30-S/PKI itu sendiri langsung di pimpin oleh Soeharto pada saat itu dengan diwakili oleh anak buah nya dari pasukan RPKAD kalu sekarang yaitu KOPASUS yaitu Kolonel Sarwo edhi Wibowo yang sekaligus bapak dari ibu negara saat ini yaitu ibu Ani Yudhoyono Istri dari presiden Susilo bambang Yudhoyono (SBY). Mereka berkorban demi keutuhan pancasila, mempertahankan semuanya demi membela negara indonesia ini agar tidak di rebut dan jatuh ke tangan Komunis. sampai akhirnya keenam perwira tinggi serta perwira pertama itu dimasukan kedalam sumur tua yang bertempat tepatnya di desa Lubang Buaya, dengan kedalaman 12 meter.  betapa kasiannya bisa kita bayangkan, bangga dan besar sekali jasa mereka bagi bangsa ini . oleh karena itu setelah ada insiatip pemerintah akhirnya membuat sebuah monumen di desa lubang buaya itu hingga sampai sekarang. bukti sejarah akan menjawab semuanya di dalamnya. dan setiap tanggal 1 oktober tepatnya sekarang selalu di adakan upacara peringatan. Hari Kesaktian pancasila.


job publisher: Zahiruddin KH | job publish date : 07.36

Suggest job to a friend :

5 PassMantab: Hari Kesaktian Pancasila " Cita-cita Perjuangan kami untuk menegakan kemurnian pancasila tidak mungkin dipatahkan hanya ...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *