10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah

10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah:

10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah – Hari Rabu tanggal 17 otober 2012 kita sudah memasuki Bulan Dzulhijjah, bulan yang didalamnya penuh dengan keisitimewaan, Bulan dimana wukuf dilaksanakan di padang arafah (berhaji), bulan dimana umat islam disunahkan Berkurban, Domba maupun sapi, bulan didalamnya dilaksanakan lebaran haji atau Idul Adha.
Pada tahun 2012 ini, 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah jatuh pada:
  • Hari Rabu, tanggal 17 Oktober 2012: hari pertama Dzulhijjah;
  • Hari kamis, tanggal 18 Oktober 2012: hari kedua Dzulhijjah;
  • Hari Jum’at, tanggal 19 Oktober 2012: hari ketiga Dzulhijjah;
  • Hari Sabtu, tanggal 20 Oktober 2012: hari keempat Dzulhijjah;
  • Hari Minggu / Ahad, tanggal 21 Oktober 2012: hari kelima Dzulhijjah;
  • Hari Senin, tanggal 22 Oktober 2012: hari keenam Dzulhijjah;
  • Hari Selasa, tanggal 23 Oktober 2012: hari ketujuh Dzulhijjah;
  • Hari Rabu, tanggal 24 Oktober 2012: hari kedelapan Dzulhijjah;
  • Hari Kamis, tanggal 25 Oktober 2012: hari kesembilan Dzulhijjah;
  • Hari Jum’at  tanggal 26 Oktober 2012: hari kesepuluh Dzulhijjah;
Keutamaan Dan Amalan 10 Hari Pertama di bBulan Dzulhijjah
Sepuluh hari pertama dibulan Dzulhijjah merupakan waktu-waktu istimewa, lantas apakah yang dilakukan atau diamalkan pada 10 hari pertama dilbulan haji ini??. Berikut ini hal-hal yang mesti dimaksimalkan dalam meraih amalan sebanyak-banyaknya di bulan istimewa dan penuh berkah ini:
Shalat
Nabi SAW bersabda: “Apa pendapat kalian jika ada sungai di depan pintu rumah salah seorang dari kalian, lalu dia pun mandi setiap harinya lima kali, apakah akan tersisa kotoran pada dirinya?” Para sahabat berkata, “Tidak akan tersisa sedikit pun kotoran padanya.” Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pun bersabda, “Demikianlah permisalan shalat lima waktu. Dengan shalat lima waktu, Allah membersihkan dosa-dosa.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)
Memperbanyak Sedekah
Rasul SAW bersabda: “Tangan di atas itu lebih baik daripada tangan di bawah. Tangan di atas adalah tangan orang yang suka berinfak, dan tangan di bawah itu tangan yang suka meminta-minta.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)
Berpuasa, terutama pada hari Arafah
Rasulullah SAW Bersabda:  “Tidaklah seorang hamba berpuasa di suatu hari di jalan Allah, melainkan Allah akan jauhkan wajahnya dari neraka sejarak tujuh puluh tahun perjalanan.” (HR. Al Bukhari dan Muslim). Dan diutamakan lagi puasa di hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah). Berpuasa di hari ini memiliki keutamaan besar sebagaimana dalam hadits Abu Qotadah Al-Anshori radhiallahu ‘anhu: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang puasa hari Arafah. Maka beliau pun bersabda, “Menghapus dosa di tahun yang telah lewat dan tahun yang tersisa (mendatang).” (HR. Muslim)
 Memperbanyak Dzikir
Allah SWT Berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. (Al Ahzab: 41-42)
Memperbanyak membaca Al Qur’an
Rasul SAW Bersabda:  “Bacalah oleh kalian Al Qur’an, karena dia akan datang di hari kiamat sebagai pemberi syafa’at bagi orang yang membacanya.” (HR. Muslim)
Berbakti kepada Orang tua
Allah SWT berfirman: “Dan Rabb-mu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Rabb-ku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (Al Isra’: 23-24)
Memperbanyak silaturrahim
Rasul SAW berfirman: “Barangsiapa yang ingin diluaskan rizkinya serta dipanjangkan umurnya, maka hendaknya dia bersilaturrahim.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)
Berbuat Baik kepada Sesama
Allah Berfirman:  “Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.” (Al Mumtahanah: 8)
Berbuat Baik kepada Tetangga
Rasululllah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah dia berbuat baik kepada tetangganya.” (HR. Al Bukhari dan Muslim, dan lafazh ini adalah lafazh Shahih Muslim).
Demikianlah hal-hal mengenai 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]


job publisher: Zahiruddin KH | job publish date : 08.42

Suggest job to a friend :

5 PassMantab: 10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah 10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah: 10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah – Hari Rabu tanggal 17 otober 2012 kita sudah memasuki Bulan Dz...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *